Minggu, 15 Juli 2012

DELIMA



Delima ( Punica granatum ) merupakan tumbuhan  asli Persia dan daerah Himalaya di India Selatan. Buah delima yang tersebar di Indonesia dikelompokkan berdasarkan warna buahnya, yakni Delima Putih, Delima Merah, dan Delima Hitam. Dari ketiga jenis  itu yang paling terkenal adalah Delima Merah. Delima merah memiliki rasa lebih manis dan segar, sedangkan delima putih memiliki rasa lebih sepat dan kesat, serta kurang manis.
Buah delima yang sudah matang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Kombinasi komposisi asam sitrat, asam borat, dan asam malat menyebabkan buah delima berasa manis-asam menyegarkan.
Hampir semua bagian delima dapt digunakan untuk pengobatan.  bagian daging buah, kulit buah, kulit batang, dan akar delima dapat diramu sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit, antara lain manjur untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan seperti diare dan disenteri.  Hal ini karena tingginya kandungan tannin yang menyusutkan selaput lendir usus sehingga pengeluaran cairan diare berkurang. Sementara alkaloid pelletiereneI pada akarnya sangat membantu mengeluarkan cacing pita dan cacing gelang dari usus.
Sejak dahulu buah delima sudah dikenal sebagai obat cacing hal ini juga  sudah dikenal sejak zamanyunani abad ke 1 masehi. Bahkan kulit kayunya juga  mengandung alkaloid pelletierine , namun adanya kandungan tanin dalam jumlah besar pada kulit kayu sering menyebapkan rasa mual dan muntah , karena itu sebelum minum rebusan ini disarankan puasa 12 jam dahulu. Selain menyebapkan rasa mua tanin dalam buah delima menurut hasil penelitian bermanfaat sebagai anti bakteri dan antivirus yang aktif pada tubuh juga mereduksi resiko penyakit jantung.
Dengan minum satu gelas jus delima setiap hari akan diperoleh asupan  senyawa antioksidan polifenol sebanyak 100 mg. Senyawa ini dapat melumpuhkan sel kangker dan memulihkan dinding arteri dari peruses pengerasan. Biji delima juga mengandung polifenol, itu sebabnya jika membuat jus delima sebaiknya di belender bersama bijinya.
Buah delima juga kaya akan fitosterol yang sangat baik bagi kesehatan kulit, yakni membentuk permeabelitas kulit dengan baik; menjaga kelembaban kulit; meningkatkan metabolisme kulit ; mencegah penuaan kulit; juga membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

0 komentar:

Poskan Komentar