Kamis, 12 Juli 2012

MANFAAT BUAH ANGGUR


Anggur merupakan buah yang memiliki rasa yang manis dengan kandungan gizi yang sangat luar biasa berkaitan dengan kemampuannya mengobati penyakit. Salah satunya buah anggur bermanfaat dalam mencegah sakit akibat pengobatan kangker payudara.
Antioksidan yang terdapat dalam anggur dalam melindungi tubuh dari radiasi fibrosis, yakni pengerasan jaringan di sekitar payudara akibat radioterapi yang sangat menyakitkan. kondisi ini di alami oleh ribuan  wanita di seluruh dunia setiap tahunnya. Radiasi fibrosis diduga disebapkan oleh radikal bebas yang dilepaskan selama radioterapi. Radikal bebas ini bahkan dapat merusak DNA.
Buah Anggur dikenal sebagai buah-buahan yang mempunyai nilai gizi yang sangat luar biasa, terutama kandungan vitaminnya, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, dan mineralnya, seperti mangan dan kalium. kandunggan gizi anggur dapat dilihat pada tabel.
Buah anggur memiliki banyak manfaat juga karena kandungan berbagai zat kimia yang terdapat di dalamnya (zat kimia yang bermanfaat bagi tubuh) salah satu di antaranya yaitu flavonoid. flavonoid merupakan senyawa fitokimia yang memberikan warna ungu pada buah anggur. Flavonoid dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) 20 kali lebih kuat daripada vitamin E, yang selama ini dikenal sebagai antioksidan alami. Flavonoid terbukti mempunyai efek biologis yang sangat kuat sebagai antioksidan..
Buah anggur merah juga sangat baik dikonsumsi penderita kolestrol tinggi. Kandungan saponin pada anggur sangat bermanfaat untuk menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol dalam darah. Sedangkan anggur putih  sangat baik bagi bagi penderita hipertensi.
Buah anggur juga memiliki manfaat sangat baik bagi mereka yang mengalami sulit tidur. Pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang dikenal bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. hormon melatonin ini berdasarkan pengamatan pria yang mendapat asupan melatonin selama tiga minggu akan mengalami penurunan tekan darah sitolik secara signifikan. karena itu buah anggur juga baik bagi penderita hipertensi.
Menurut hasil penelian di Kanada bahwa mengkonsumsijus anggur secara teratur dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus seperti influenza, polio dan herpes simpleks tipe I. Hal ini disebapkan oleh konsentrasi tannin dalam buah anggur yang sangat potensial untuk membunuh dan menonaktifkan virus penyebap penyakit

0 komentar:

Posting Komentar