Rabu, 15 Agustus 2012

Buah Leci Dan Produk Olahannya




Leci (Litchi chinensis Sonn.) berasal dari provinsi Kwantung dan Fukien di Cina bagian selatan. Leci merupakan tanaman subtropics yang terdiri dari beberapa varietas. Tergantung pada varietas, kulit buah leci dapat berwarna hijau pucat, merah terang, atau merah muda.
Leci memiliki kandungan air cukup tinggi, yaitu sekiitar 77-83 persen, sedangkan kadar energinya mencapai 66 kkal per 100 gram. Sebagian besar energi ini berasal dari gula yaitu sebesar 59,5 kkal , sisanya dari protein dan lemak masing mmasing 2,8 kkal dan 3,7 kkal. Kandungan karbohidrat pada leci cukup tinggi (sekitar 16 persen) yang terdiri dari berbagai jenis gula.
Mengkonsumsi leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya karena besarnya kandungan sukrosa dan glukosa.  Kadar lemak yang sangat rendah pada leci memungkinkannya untuk dikonsumsi oleh semua kelompok usia, termasuk juga bagi mereka yang berdiet untuk mempertahankan ataupun menurunkan berat badan. Karena itulah tidak ada batasan berapa buah leci yang dikonsumsi setiap hari.
Vitamin paling menonjol pada buah leci adalah kandungan vitamin C dengan kadar 71,5 mg per 100 gram daging buah. Karena itu dengan mengonsumsi 100 gram buah leci sehari sudah memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat berguna melawan serangan radikal bebas, penyebap penuaan dini, dan berbagai penyakit kangker. Berdasarkan keyakinan tersebut, belakangan ini vitamin C banyak ditambahkan dalam berbagai produk pangan olahan.
Pada kandungan mineral leci ada hal yang menarik perhatian mengenai komposisi mineral leci yaitu perbandingan antara potassium (K) dan sodium (Na) yang sangat tinggi yaitu 171:1. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena makanan olahan yang kita konsumsi sehari-hari umumnya mengandung  Na yang tinggi tapi sangat rendah K. Hal itulah yang menyebapkan semakin meningkatnya jumlah penderita hipertensi.
Beberapa Produk olahan Leci:
1.     Buah Leci Dalam Kaleng
2.     Jeli Buah Leci
3.     Puree Buah Leci
4.     Buah Leci Kering
5.     Jus Buah Leci

0 komentar:

Posting Komentar