Kamis, 19 Juli 2012

MANFAAT JAMBU AIR






Jambu Air, secara umum ada 2 jenis jambu air yang cukup dikenal yaitu jambu air kecil ( Syzygium quaeum ) dann jambu air besar ( syzygium samarangense ). Perbedaan kedua jambu tersebut dapat dilihat dari ukurannya. Ada pula jambu air yang dikenal dengan nama ‘ Jambu Air Apel’ yaitu karena buahnya yang mirip apel.
Sebagaimana tercermin dari namanya Jambu air mempunyai kandungan air yang sangat tinggi, yaitu mencapai 93 gram per 100 gram. Itulah mengapa kesegarannya begitu terasa ketika dimakan. Para penduduk pendalaman  Kalimantan biasa mengonsumsi jambu air untuk memperlancarpelepasan air seni.
Selama ini buah jambu air dipercaya bermanfaatuntuk mempercantik kulit. potensi tersebut cukup besar mengingat kandungan jambu air yang kaya akan vitamin antioksidan, seperti vitamin A dan vitamin C. dalam 100 gram jambu air terdapat 22 mg vitamin C atau setara dengan kandungan vitamin C pada jeruk mandarin. Sedangkan kandungan vitamin A nya lebih tinggi jika dibandingkaan dengan apel.
Selain itu kandungan vitamin dalam jambu air juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel,  meningkatkan penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Dan bagi pria bermanfaat untuk memperbaiki mutu seperma dengan cara mencegah radikal bebas merusak lapisan pembungkus sperma.
Seperti buah-buah lainnya, jambu air juga mengandung serat pangan yang cukup tinggi. Selain itu jambu air juga mengandung mineral yang tidak kalah bagusnya dengan buah-buahan yang lebih popular, seperti apel dan jeruk mandarin. Jambu air merupakan sumber mineral besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng tembaga, dan mangan.

0 komentar:

Posting Komentar