Sabtu, 14 Juli 2012

MANFAAT BUAH NAGA




Buah naga terbilang buah yang baru dikenal di Indonesia. Namanya belakangan ini menjadi buah bibir di masyarakat luas, karena penampilannya yang sangat unik dan menarik. Warnanya merah menyala, ukurannya sebesar mangga gedong gunci. Kulitnya seperti sisik ular besar (naga), tetapi bukan karena itu ia dikenal sebagai Dragon Fruit. Rasanya manis dan sedikit asam.
Ada empat jenis buah naga, yaitu buah naga daging putih (Hylocereus undatus ), buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus ) buah naga daing super merah ( Hylocereus  cotaricensis ), dan buah naga kulit kuning daging putih (Selenicerus megalanthus ).
Buah naga bermanfaat untuk mencegah kolestrol karena kandungan serat di dalamnya, serat mengikat asam  empedu dan kemudian di keluarkan bersama tinja. Serat ini juga memperpendek waktu transit sisa makanan (setelah diserap sarinya)  hingga di keluarkan dalam bentuk feses, sehingga zat karsinogenik memiliki waktu yang lebih pendek di dalam tubuh dan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk membahayakan tubuh.
Buah naga juga kaya akan beta-karoten yang merupakan provitamin A yang akan menjadi vitamin A jika sudah di dalam tubuh. Hingga Buah naga juga bermanfaat bagi pengelihatan, reproduksi, dan proses metabolisme lainnya. Selain menurunkan kolesterol dan mamfaat lain yang sudah kami sebutkan Buah naga juga bermanfaat sebagai penyeimbang gula darah, menguatkan fungsi ginjal dan tulang serta meningkatkan kerja otak. Kandungan kalium , zat besi, protein dan kalsium yang cukup dalam buah naga cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menetralkan racun dalam darah, dan mencegah hipertensi
Khasiat ini masih banyak yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Selain peneletian tentang buah naga masih terbatas, masih banyak juga masyarakat kita yang sama sekali belum mengenal buah ini. selamat mencoba buah naga.

0 komentar:

Posting Komentar