Selasa, 31 Juli 2012

Pembuatan Manisan Kedondong





Kedondong (Spondias dulcis Forst.) Merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah kedondong yang disukai adalah buah kedondong yang  memiliki rasa manis, daging buahnya tebal dan renyah, serta bijinya kecil dan tidak banyak mengandung serat. Jenis kedondong yang diunggulkan adalah kedondong karimunjawa, kedondong Bangkok dan kedondong kendeng.
Dibeberapa daerah daun kedondong dibuat lalapan yang di campur dengan sambal, rasanya enak dan lezat apalagi jika dimakan bersama nasi hangat.. Daun kedondong juga dapat digunakan sebagai obat borok, kulit perih dan luka bakar.
Semua jenis kedondong, buahnya dapat diolah menjadi manisan. Persaratan utama buah kedondong harus sudah dalam keadaan mengkal, sehingga rasanya sudah agak manis tetapi texturnya masih keras. Buah yang sudah terlalu masak tidak cocok diolah menjadi manisan karena teksturnya lunak dan berair.
Bahan-Bahan yang diperlukan dalam pembuatan manisan kedondong adalah
1.     Larutan kapur sirih, Larutan dibuat dengan cara memasukkan 1-2 sendok makan kapur sirih kedalam 1-1,5 liter air. Kapur tersebut di aduk hingga merata, kemudian didiamkan beberapa saat agar bagian yang tidak larut mengendap. Setelah itu disaring untuk membuang endapan. Bagian larutan yang jernih digunakan untuk merendam daging buah. Larutan kapur berguna untukmemperbaiki teksture daging buah, sehingga menjadi lebih keras dan renyah.
2.     Larutan Gula. konsentrasai larutan gula yang digunakan adalah 40% (400gram gula per 1 Liter air ). Larutan tersebut dipanaskan hingga mendidih. Larutan gula berguna untuk menyerap air keluar dari daging buah sekaligus memberikan rasa manis sehingga manisan menjadi lebih kering dan awet.
3.     Pengawet. Asam sitrat (2-5 gram) dan natrium benzoate (0,5 – 1 gram). Asam sitrat berguna untuk memberikan rasa asam yang srgar.Sodium benzoat berperan sebagai pengawet (menghambat pertumbuhan mikroba) untuk memperpanjang masa simpan manisan.
4.     Larutan Natrium bisulfit. Dibuat dengan cara melarutkan 0,5 – 1 gram natrium bisulfit kedalam satu liter air. Larutan natrium bisulfit  digunakan untuk mencegah pencoklatan, sehingga manisan tampak bersih dan cantik sebagaimana buah segarnya.

0 komentar:

Posting Komentar