Jumat, 13 Juli 2012

MANFAAT BUAH BELIMBING



Belimbing (Averrhoa Carambola) merupakan buah yang memiliki bentuk khas dengan mirip dengan bintang lima. Dibandingkan belimbing wuluh orang-orang lebih menyukai belimbing ini karena rasanya yang lebih manis.
Dilihat dari komposisi gizinya,  buah belimbing manis merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. belimbing merupakan sumber vitamin C yang baik, karena mengkonsumsi 100gram buah belimbing bermanfaat untuk memenuhi 57% kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya. selain itu ia juga akan memenuhi 14% kebutuhan tubuh akan serat pangan, dimana serat pangan sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal itu karena kemampuan serat untuk mengikat asam empedu, yaoitu produk akhir dari metabolisme kolestrol yang selanjutnya akan lebih mudah terbuang pada proses BAB (buang air besar)
Karena memiliki rasio kalium dan natrium 66 : 1, sehingga buah belimbing sangat bagus untuk di konsumsi oleh penderita hipertensi. Karena jika natrium berfungsi untuk meningkatkan tekanan darah maka sebaliknya dengan kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.
Buah belimbing juga merupakan sumber antioksidan yang baik karena memiliki kandungan polifenol hingga 33 mg. polifenol merupakan sumber antioksidan yang baik karena dapat mengikat radikal bebas. Buah belimbing juga kaya  akan proanythocyanidins terutama epicatchechin yang banyak terdapat pada teh hijau dan anggur merah.
Konsumsi dua buah belimbing sehari terbukti secara empiris berguna sebagai anti-hipertensi. Ia juga secara nyata akan menurun kadar LDL (kadar kolestrol jahat) dan trigliserida. Selain  itu, sari buah belimbing juga meningkatkan kadar HDL (kadar kolesterol baik) di dalam darah. Dua buah belimbing sehari!! siapa takut.

0 komentar:

Posting Komentar