Kamis, 12 Juli 2012

MANFAAT BUAH ALPUKAT



Alpukat, buah ini begitu popular di masyarakat kita, karena ia hampir selalu tepat untuk menjadi menu sehari-hari. Dengan tekstur yang lembut dan rasa mirip kacang alpukat biasanya di nikmati dalam bentuk jus, es campur, puding atau campuran salad.
Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi (14,66 gr/100gr)  sekitar 2 kali lemak durian. Namun ini sebagian besar  merupakan lemak dalam bentuk lemak tidak jenuh ganda (monounsaturated fatty acid ). Dengan kandungan lemak ini Buah Alpukad justru bermanfaat  memperbaiki kadar kolestrol dan memproteksi  kerusakan arteri   (pembuluh darah).
Selain itu buah alpukat juga bermanfaat untuk  menurunkan kadar kolestrol total dan LDL ( kolestrol jahad ), tetapi sebaliknya  meningkatkan HDL ( kolestrol baik ) hal ini karena kandungan asam oleat yang banyak terkandung dalam asam lemak tidak jenuh tunggal alpukat.. Kabar baiknya dari penelitian yang telah dilakukan para ahli bahwa konsumsi 200 gr alpukat perhari terbukti tidak menaikan berat badan
Buah alpukat juga bermanfaat  dalam meningkatkan penyerapan senyawa-senyawa karetenoid di usus seperti beta karoten dan alfa-karoten yang merupakan anti oksidan. Alpukat juga banyak mengandung vitamin A, C, dan E, niasin, asam pantotenat, zat besi, kalium, serta protein yang biasanya tidak terdapat dalam buah lain, semua zat gizi tersebut berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.
Konsumsi satu cangkir alpukat memiliki manfaat untuk memenuhi 23% akan kebutuhan asam folat. Mengonsumsi asam folat secara teratur berfungsi untuk  mengurangi resiko serangan jantung sebesar 55% berdasarkan hasil penelitian selama 14 tahun yang melibatkan 80.000 orang  wanita.
Buah yang memiliki daing tebal, empuk serta tidak berserat ini juga memenuhi kebutuhan 36,5% kebutuhan vitamin K tubuh yang berfungsi sebagai penggumpal darah untuk penyembuhan luka pada tubuh. dan bagi pria dan wanita dewasa, dengan  kandungan vitamin B6 (0,26gr/100gr) Buah alpukad bermanfaat untuk meningkatkan gairah.
Tunggu apalagi mulailah membiasakan diri untuk menerima manfaat buah ini dengan rajin mengkonsumsinya

0 komentar:

Posting Komentar