Jumat, 13 Juli 2012

MANFAAT BUAH APEL


Apel (Malus Sylvestris) bukan tanaman asli Indonesia, tetapi buahnya sangat digemari oleh masyarakat kita. Umumnya buah ini dikonsumsi sebagai buah segar.  Saat ini di dunia ada lebih dari 2000 kultivar apel diantaranya, Apel rome beauty , Apel Princess noble, Apel Wanglin,  Apel Manalagi dan lain-lain.
Lalu kita bahas manfaat buah apel, pernahkah anda mendengar pepatah kuno yang berbunyi “An apple a a day keeps the docter away” ? ya memang pepatah ini tidak berlebihan hal ini karena tingginya kadar zat gizi yang terdapat dalam buah apel seperti vitamin A, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin C, fosfor, protein dan lain-lain.
Disamping zat-zat gizi tersebut rahasia apel sebagai pencegah penyakit terletak pada kandungan karoten dan pektinnya. Karoten memiliki aktivitas sebagai vitamin A dan juga sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Pektin merupakan salah satu serat yang dapat memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Selain itu pektin juga berperan sebagai anti kolestrol, menyerap kelebihan air dalam usus , memperlunak feses serta mengikat dan menghilangkan racun pada usus.
Kandungan gula alami yang ada pada buah apel tidak akan memacu naiknya gula darah karena buah buah apel memiliki indeks glemik yang sangat rendah. Buah apel juga bermanfaat untuk mengontrol keluarnya iinsulin sehingga tidak berlebihan. Oleh karena itu konsumsi apel secara teratur dapat menjga keseimbangan gula darah, menurunkan tekanan dan kolestrol darah. karena itu layak jika buah ini disebut juga sebagai “dokter alami”.
Aktivitas antioksidan pada 100 gr apel dan kulitnya sebanding dengan 1500 mg vitamin C.  Hal ini dikarenakan antioksidan dari apel juga berasal dari senyawa-senyaea lainnya pada buah apel.
Kulit apel memiliki aktivitas antioksidan  dan bioaktivitas yang lebih tinggi dari buahnya karena kulit apel lebih banyak mengandung senyawa antioksidan, dengan demikian mengonsumsi apel dengan kulitnya lebih baik dibandingkan tanpa kulit.

0 komentar:

Posting Komentar