Kamis, 19 Juli 2012

MANFAAT BUAH DURIAN






Durian ( Durio zibenthinus Murr ) mendapt julukan sebagai The King of Fruit.  Buah ini sudah dikenal dan banyak dibudidayakan di daerah tropis, terutama Indonesia. Produksi yang melimpah dan banyak disukai menyebapkan buah ini memiliki prospek yang baik dalam pengembangannya. Rasanya yang lezat dan  aromanya yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar buah berduri ini.
Durian montong merupakan salah satu durian yang terkenal karena sifat-sifatnya yang dikatakan unggul seperti rasa buahnya manis, berwarna kuning, tebal dagingnya, kemps bijinya dan beraroma tajam dank has. selain itu juga durian parung juga dapat dimasukkan dalam katagori durian unggul ini.
Komposisi gizi buah durian sangat beragam, tergantung dari jenis, umur buah (kematangan), serta tempat tumbuhnya. Namun secara umum, buah durian mempunyai kandungan gizi yang cukup baik. Dibandingkan buah lain, kandungan gizi yang cukup menonjol adalah energi, protein dan lemaknya. Sumbangan energi dari 100 gram buah durian yang dikonsomsi adalah 134 kilokalori, hampir setara dengan perolehan energi dari berbagai jenis pisang. Sumbangan perotein dan lemaknya masing-masing adalah 2,5 gram dan 3 gram per 100 gram daging buah. Sumbangan lain yang cukup berarti adalah kalsium, osfor dan zat besi serta vitamin A, B1, dan C.
Anggapan bahwa mengonsumsi buah durian dapat meningkatkan kolesterol darah adalah tidak benar. meningkatnya kadar kolesterol darah lebih disebapkanoleh konsumsipangan hewani di bandingkan pangan nabati. Kadar lemak pada buah durian masih jauh lebih rendah di bandingkan kadar lemak produk hewani. Oleh karena itu tak perlu khawatir tentang masalah kolestrol yang akan meningkat gara gara anda hobi makan durian, selama dalam batasan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.





0 komentar:

Posting Komentar