Minggu, 05 Agustus 2012

Kelapa Muda




 Tanaman kelapa ( Cocos nucifera )merupakan tanaman serbaguna, baik untuk keperluan pangan ataupun non pangan. Setiap bagian dari tanaman kelapa dari akar hingga pucuk daun dapat di manfaatkan untuk kepentingan manusia. Oleh karena itu pohon kelapa sering diberi julukan sebagai pohon kehidupan kadang juga disebut sebagai pohon surga. Indonesia sendiri merupakan Negara ketiga penghasil kelapa di dunia
Daging buah kelapa merupakan komoditi paling penting dari pohon kelapa. Daging buah kelapa berupa lapisan tebal berwarna putih, bagian ini mengandung berbagai zat gizi sesuai dengan tingkat kematangan buah. Perbedaan mendasar antara daging buah kelapa muda dan tua adalah kandungan minyaknya. Kelapa muda memilliki rasio kadar air dan minyak yang besar.  Kelapa disebut tua jika rasio kadar air dan minyaknya optimum untuk menghasilkan santan dalam jumlah terbanyak. Sebaliknya jika buah kelapa terlalu tua , maka kadar airnya akan semakin berkurang. Pada kondisi tersebut santan yang dihasilkan dalam jumlah yang sedikit.
Air kelapa memiliki komposisi gizi yang bagus sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco. Air kelapa juga dapat di manfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai jenis minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka dan kecap.
 Komposis yang ada pada air kelapa sangat mendekati komposisis cairan isotonik, yaitu cairan yang sangat sesuai dengan cairan tubuh. Itulah mengapa saat ini  banyak diperjualbelikan sebagai salah satu jenis minuman bagi para olahragawan. Minuman isotonik ini diharapkan bisa menggantikan kineral tubuh yang hilang melalui keringat, selama aktivitas olahraga atau kerja keras lainnya. Pada tingkatan industri, minuman isotonik umumnya dibuat dengan mencampurkan air gula, aneka mineral (elektrolit) dan tambahan bahan kimia lainnya.  Air kelapa sendiri memiliki potensi besar di jadikan sebagai minuman isotonik alami, bahkan salah satu perusahaan minuman di Indonesia sudah memproduksi minuman isotonik yang dikatakan memiliki kandungan sama dengan air kelapa.



0 komentar:

Posting Komentar